About we...

Bandung, jawa barat, Indonesia
Selau ceria dan tetap kompak walau dimanapun berada... keep smile guys...!!!

Sabtu, 28 Agustus 2010

Tips Belajar Bahasa Inggris: Listening

kata mas faisal, untuk bisa lancar berbahasa inggris, salah satu cara nya dengan mendengarkan lagu dengan bahasa inggris, itu akan melatih telinga kita terbiasa mendengarkannya, dan menambah kosa kata atau vocabbulary. berikut ini tips belajar bahasa inggris listening yang aq download, mana tau ada manfaatnya bagi teman2 dan juga aku sendiri.
so, cekidot :
Belajar listening dengan Lagu
1. Memilih lagu: apa saja yang perlu dipilih? Yang jelas lagunya harus bisa didengarkan.. : ) Lho emang ada yang tidak bisa didengarkan? Ya, ada saja … lagu-lagu trash metal dan rap yang terlalu cepat benar-benar tidak bisa didengarkan syairnya.. karena terkadang kalah dengan ingar bingar musiknya.
Selanjutnya, pronouncation (pengucapan) dari sang penyanyi harus jelas untuk itu memang kita perlu pilih-pilih. Pengalaman saya selama ini, biasanya, sekali lagi biasanya.. penyanyi yang sehari-harinya tidak berbahasa inggris lebih jelas dalam pengucapannya. Misalnya lagu-lagu dari Michael Learn To Rock (MLTR), itu lumayan, Roxette, Scorpion dan artis-artis dari eropa timur juga bisa. Pengucapan mereka jelas sekali. Meski juga ada beberapa lagu dari penyayi dari inggris dan eropa yang “bisa didengarkan” seperti another day in paradise-nya Phil Collins, atau When the children cry-nya white lion (silahkan dicari di mbah gugel pasti ketemu).
2. Medengarkannya saja!: ya benar-benar mendengarkan saja lagu-lagu yang telah anda kumpulkan itu – dalam bahasa inggrisnya just hear not listen! . Putarlah beberapa kali lagu tersebut.. sambil sesekali ikut menirukan. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga anda dengan pengucapan bahasa inggris.
3. Saatnya Menyimak!: ingat mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini anda perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutny catat beberapa kosakata yang tidak anda ketahui, sekali lagi catat yang tidak anda ketahui saja.
4. Cari di kamus!: setelah kegiatan ketiga tersebut di atas, maka selanjutnya anda cari di kamus kata-kata yang tidak anda ketahui. Yang perlu anda perhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya. Seperti kata take, bisa berarti mengambil atau bahkan minum obat.
5. Tulis semua lirik : jika semua kata yang sukar telah anda temukan dan catat. Maka selanjutnya adalah mendengarkan sekali lagi lagu tersebut, selanjutnya usahakan tulis lirik tersebut secara utuh. Kemudian coba artikan secara keseluruhan, apa tidak ada yang janggal antara satu kalimat dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar